Tips Menanam Budidaya Tabulampot Buah Naga

Diposting pada

Buah-buahan yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia saat sudah begitu beragam sekali. Mulai dari buah yang berasal dari luar Indonesia maupun buah lokal (asli dari Indonesia).

Salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari Indonesia adalah adalah buah naga. Ya, buah naga ini merupakan buah yang berasal dari Indonesia dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, rasanya yang khas membuat semua orang ingin mencobanya.

Advertisements

Tidak hanya bisa dimakan begitu saja, buah naga juga bisa dibuat menjadi jus. Karena banyak orang yang menyukai buah naga ini, sampai-sampai permintaan akan buah naga di pasaran tidak tercukupi.

Hal tersebut dikarenakan antara permintaan dengan persediaan tidak lah sama sehingga terjadi ketidak cukupan. Hal tersebut akan berdampak pada konsumen.

Namun, jika Anda merupakan orang yang hobi di dalam berbisnis, mungkin peluang ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Peluang bisnis yang dimaksud disini adalah Anda dapat membudidayakan tanaman buah naga.

Tips Menanam Budidaya Tabulampot Buah Naga

Budidaya Tabulampot Buah Naga

Denga cara seperti itu, nantinya Anda akan mendapatkan keuntunga yang lebih besar. Tidak hanya itu saja, karena pasokan buah naga di pasaran tidak tercukupi, Anda tidak perlu bersusah payah menjualnya dari rumah ke rumah, karena Anda bisa langsung menjualnya pada pedagang di pasaran.

Advertisements

Namun, bagaimanakah untuk orang yang tinggal di lahan yang sempit namun tetap ingin membudidayakan tanaman buah naga? Caranya sangat mudah, hanya dengan menggunakan alternatif lainya seperti menggunakan pot.

Apakah buah naga dapat ditanam di dalam pot? Jawabannya bisa. Hal tersebut dikarenakan buah naga ini dapat tumbuh dengan optimal pada media tanam dengan persyaratan.

Teknik Menananm Buah naga Secara benar

Lantas, bagaimanakah cara menanam buah naga di dalam pot? Berikut ini akan dijelaskan cara menanam buah naga di dalam pot.

  1. Sediakan terlebih dahulu bibitnya. Bibit tersebut dibuat dengan cara cabang buah dipotong lalu dikeringkan. Batang yang telah dikeringkan tersebutlah yang dijadikan sebagai bibit.
  2. Bibit tersebut dapat ditanam di dalam polybag.
  3. Tunggu hingga 14 hari kedepan setelah tunas bermunculan.
  4. Setelah itu, bibit dapat dipindahkan ke dalam pot yang berukuran lebih besar lagi.
  5. Masukkan media tanam ke dalam wadah. Wadah tidak selamanya bisa berupa pot. Bisa juga berupa drum yang dibelah menjadi dua atau menggunakan wadah lainnya. Namun jika ingin lebih menarik lagi pakailah pot yang berdiameter besar.
  6. Berikan tiang panjatan yang nantinya digunakan tanaman naga untuk merambat.
  7. Disebelah tiang panjatan tersebut dapat diberikan bibit yang sudah bertunas.
  8. Tanam kembali dengna sisa media tanam yang ada.

Itulah cara menanam buah naga di dalam pot.

Setelah proses penanam berhasil, tahap selanjutnya adalah melakukan perawatan. Tujuannya agar tanaman tersebut dapat tumbuh optimal. Perawatan yang harus dilakukan seperti penyiraman, pemberian pupuk, serta perawatan jenis lainnya.

Advertisements