Tips Memilih Bibit Unggul Menanam Tabulampot Jeruk

Diposting pada

Jeruk memiliki begitu banyak jenisnya. Mulai dari jeruk yang dapat dikonsumsi tanpa harus dicampur terlebih dahulu maupun jeruk yang dapat langsung dimakan. Ada jeruk yang rasanya manis dan ada jeruk yang rasanya asam.

Salah satu jenis jeruk yang banyak sekali dijual di pasaran adalah jeruk manis. Jeruk manis ini banyak dicari karena pas dengan lidah dengan orang Indonesia.

Advertisements

Jeruk manis ini juga mengandung banyak vitamin. Salah satu vitamin yang banyak terkandung di dalam buah jeruk manis adalah vitamin C. Karena itulah mengapa banyak orang yang menyukai jeruk manis ini.

Saat ini, pasaran sangat membutuhkan pasokan jeruk manis lebih banyak lagi dikarenakan pasokan jeruk manis belum bisa terpenuhi. Peluang bisnis ini sebenarnya bisa Anda gunakan untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

Tips Memilih Bibit Unggul Menanam Tabulampot Jeruk

Tahapan Budidaya Tabulampot Jeruk

Membudidayakan tanaman jeruk manis terutama untuk kebutuhan komersial pasti membutuhkan lahan yang luas. Lantas, bagaimanakah untuk orang yang tidak memiliki lahan yang luas namun ingin membudidayakan tanamn jeruk?

Ada alternatif lainnya untuk membudidayakan tanaman jeruk manis tanpa harus langsung di halaman. Atau dalam arti lainnya, tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakan tanaman jeruk manis tersebut.

Apakah alternatif tersebut? Alternatifnya adalah dengan menggunakan pot. Membudidayakan tanaman jeruk manis di dalam pot jauh lebih mudah dibandingkan langsung di lahan.

Advertisements

Tidak hanya itu saja, lahan yang dibutuhkan pun juga tidak luas karena pot tidak akan memakan lahan yang banyak.

Sebelum membudidayakan tanaman jeruk manis di dalam pot, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan seperti pot. Pot yang digunakan diameternya disesuaikan dengan ukuran atau diameter dari bibit tersebut.

Setelah mendapatkan pot yang sesuai, selanjutnya sediakan juga media tanam. Media tanam ini merupakan pengganti tanah. Jika tidak ada media tanam, tanaman tidak akan bisa hidup.

Media tanam yang dipilih dapat berupa campuran antara tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan satu berbanding satu berbanding satu.

Setelah itu, sediakan juga bibit jeruk manis. Pilihlah bibit yang benar-benar berkualitas. Bibit yang berkualitas akan menjamin bagaimana buah yang akan dihasilkan nantinya.

Apabila seluruh bahan telah disediakan, penanaman dapat dilakukan. Dan berikut ini akan dijelaskan cara menanam tanaman jeruk manis di dalam pot.

  1. Bibit yang masih di dalam polybag dikeluarkan dari polybag nya.
  2. Masukkan pecahan genting dan media tanam ke dalam pot.
  3. Masukkan bibit tersebut ke dalam pot tepat ditengah-tengah pot.
  4. Tutup kembali dengan menggunakan media tanam.
  5. Tekan-tekan agar media tanam lebih padat dan perakaran pun menjadi lebih kuat.
  6. Agar media tanam dapat memadat, berikan sedikit air.

Itulah cara menanam tanaman jeruk manis di dalam pot.

Jangan lupa setelah jeruk manis ditanam, lakukan pemeliharaan agar dapat tumbuh dengan normal.

Advertisements