Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Biji

Diposting pada

Berbicara mengenai jambu biji. Siapa yang tidak dikenal dengan buah yang satu ini? Buah yang terkenal karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ini merupakan buah yang telah lama ada dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Dahulu, buah jambu biji memang sering disebut sebagai penyebab dari serangan usus buntu. Pendapatan tersebut memang benar adanya jika kita mengkonsumsi bagian bijinya. Sedangkan jika kita mengkonsumsi bagian daging buahnya maka yang akan kita peroleh bukanlah penyakitnya tetapi manfaatnya.

Advertisements

Manfaat jambu biji ini sebenarnya  sangat besar. Tidak hanya pada bagian daging buahnya, namun bagian daunnya juga sangat bermanfaat untuk mengobati rasa sakit pada perut.

Karena memiliki banyak manfaat membuat buah jambu biji semakin bayak dicari oleh banyak orang. Karena banyak orang yang mencarinya, membuat banyak orang yang memulai untuk membudidayakan buah jambu biji ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Biji

Tanaman jambu biji ini tidaklah sulit untuk dibudidayakan. Terlebih lagi dapat dibudidayakan di dalam pot. Membudidayakan tanaman jambu biji di dalam pot jauh lebih mudah dan lebihb anyak keuntungannya.

Memahami Syarat Tumbuh Tabulampot Jambu Biji

Sebelum membudidayakan tanaman jambu biji, terlebih dahulu kita harus tahu syarat tumbuh tanaman jambu biji tersebut. Tujuan dari mengetahui syarat tumbuh tanaman jambu biji adalah supaya tidak ada kesulitan ketika budidaya sudah berlangsung.

Advertisements

Tanaman jambu biji ini termasuk salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan di daerah dataran redah maupun di daerah dataran tinggi. Hal tersebut dikarenakan tanaman jambu biji ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki daya adaptasi yang tinggi.

Letakka tanaman jambu biji di tempat yang terkena sinar matahari yang penuh. Sedangkan suhu yang dibutuhkan adalah sekitar 19-27 derajat celcius. Untuk kelembapan udaranya adalah 6-70%.

Setelah syarat tumbuhnya telah diketahui, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan media tanam. Tidak semua jenis media tanam dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman jambu air.

Media tanam yang cocok digunakan untuk membudidayakan tanaman jambu air adalah yang memiliki ciri-ciri tanahnya yang gembur, subur, serta banyak mengandug bahan organik lainnya.

Untuk derajat keasamannya sendiri adalah sekitar 5,6-7,4. Diatas atau di bawah keasaman tersebut tidaklah boleh karena dapat merusak pertumbuhan tanaman jambu biji nantinya.

Syarat tumbuh dan media tanam telah diketahui, selanjutnya kita harus memilih bibit. Bibit yang dipilih merupakan bibit yang telah disertifikasikan.

Mengapa harus memilih bibit yang telah disertifikasikan? Bibit yang telah disertifikasikan tersebut pada umumnya bibit yang telah lulus dari pemeriksaan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan lainnya.

Bibit yang digunakan sebaikya bibit dari hasil penempelan yang telah berusia 5 bulan. Dipilih bibit dari hasil peempelan tujuanya bibit dari perbanyakan tersebut lebih mudah menumbuhkan tunas.

Biasanya  harga dari bibit yang telah disertifikasikan tersebut bisa dikatakan mahal. Namun, bibit yang mahal tersebutlah sangat berkualitas. Dibandingkan dengan bibit yang murah namun tidak berkualitas.

Advertisements