Syarat Tumbuh Pembibitan Semangka Sederhana

Diposting pada

Budi daya semangka merupakan budidaya tanaman yang paling mudah untuk di lakukan oleh semua kalangan. Dalam melakukan budi daya semangka ini ternyata dapat di lakukan dengan versi lain.Versi lain tersebut mungkin tidak terlalu sulit di bandingkan cara tanam yang lainnya.

Berikut ini merupakan budi daya semangka versi lain yang dapat anda lakukan. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, lihat lah di bawah ini :

Advertisements

Syarat tumbuh Bibit Semangka

Syarat Tumbuh Pembibitan Semangka Sederhana

Untuk syarat tumbuh tanaman semangka dalam versi lain biasanya dapat di lakukan di berbagai tempat, seperti di dataran tinggi dan dataran rendah.

Selain itu untuk lokasi penanaman juga harus memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup untuk tanaman. Artinya seluruh tanaman semangka harus mengenai cahaya sinar matahari.

Selain itu, untuk syarat tumbuh lainnya yang harus di penuhi untuk melakukan penanaman semangka ialah kondisi tanah yang di gunakan untuk penanaman harus dalam keadaan yang baik alias sudah gembur.

Kondisi tanah atau lahan yang lembab sangat cocok di gunakan untuk melakukan budi daya tanaman semangka. Karena lahan yang lembab akan menghasilkan buah semangka yang lebih dari ukuran biasanya.

Teknik Pembibitan semangka

Advertisements

Dalam hal budidaya tanaman semangka pemilihan bibit yang berkualitas baik harus di terapkan. Karena kualitas bibit yang baik akan sangat berpengaruh terhadap hasil tanaman nantinya.

Setelah mendapatkan bibit semangka yang berkualitas baik, maka selanjutnya yang dapat kita lakukan ialah menyiapkan media semai.

Untuk melakukan penyiapan media semai ini biasanya menggunakan campuran tanah halus, pupuk kandang, dan juga sekam bakar. Ketiga bahan tersebut dapat segera di campurkan dengan takaran yang telah di tentukan sebelumnya.

Kemudian masukkan media tanam yang telah di sediakan tadi kedalam polybag yang berukuran sedang. Jika media tanam telah terisi, maka selanjutnya yang dapat di lakukan ialah melakukan penanaman bibit semangka ke dalam media semai yang telah di sediakan tadi.

Semai benih dan pemeliharaan bibit semangka

Setelah bibit selesai di semai di dalam polybag yang berukuran sedang, maka hal selanjutnya yang dapat di lakukan ialah melakukan pemeliharaan terhadap bibit yang telah di semai tadi.

Untuk pemeliharaannya sendiri biasanya dapat di mulai dari melakukan penyiraman, pemupukan dan lainnya. Untuk penyiraman tersebut biasanya dapat di lakukan dua kali dalam satu hari, yaitu pada waktu pagi dan sore hari.

Jika musim hujan tiba, sebaiknya penyiraman hanya di lakukan satu kali atau dua hari sekali saja. Jika pada saat musim hujan penyiraman tetap di lakukan sesuai dengan yang biasanya, maka hama dan penyakit akan sangat mudah untuk menyerang tanaman tersebut.

Karena pada dasarnya hama dan penyakit menyukai tanaman atau bibit tanaman berjenis apa pun yang hidup dalam ke adaan yang lembab.

Advertisements