Menanam Tabulampot Jeruk Nipis

Diposting pada

Tabulampot jeruk nipis sekarang telah banyak dilakukan. Hal tersebut dikarenakan tabulampot jeruk nipis ini lebih mudah ditanam dibandingkan dengan tabulampot jenis lainnya. Selain itu, keuntungan yang akan kita dapatkan pada saat menanam tabulampot jeruk nipis begitu banyak.

Salah satunya adalah kita tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk membeli jeruk nipis karena kita sudah memiliki tabulampot jeruk nipis.

Advertisements

Tidak hanya itu saja, tabulampot jeruk nipis juga bentuknya unik sehingga bisa kita jadikan sebagai hiasan rumah kita. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Namun jika ada salah satu dari Anda yang membudidayakan tabulampot jeruk nipis untuk tujuan komersial atau dijual di pasaran, Anda juga akan mendapatkan keuntungan juga. Terlebih lagi saat ini banyak orang yang menginginkan tabulampot jeruk nipis.

Menanam Tabulampot Jeruk Nipis

Kebutuhan jeruk nipis di pasaran juga tidak dapat dipenuhi karena banyaknya para konsumen yang menginginkan jeruk nipis ini.

Persiapan Menanam Tabulampot Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang paling banyak dibudidayakan di dalam pot adalah jeruk nipis tanpa biji. Jeruk nipis tanpa biji ini lebih bagus dibandingkan dengan jeruk nipis berbiji.

Mengapa demikian? Karena, bentuk dari jeruk nipis tanpa biji ini lebih bagus dan lebih besar dibandingkan dengan jeruk nipis berbiji. Bentuk tanamannya pun juga lebih bagus dan dapat dibuat lebih pendek lagi.

Advertisements

Lantas, bagaimanakah cara menanam jeruk nipis tanpa biji di dalam pot? Dan berikut ini akan dijelaskan cara menanam jeruk nipis tanpa biji di dalam pot.

  1. Pertama-tama pilihlah bibit jeruk nipis. Setelah bibit jeruk nipis telah ditemukan sesuai dengan kriteria, selanjutnya polybag yang masih berisi bibit jeruk nipis dapat disiram dengan menggunakan air hingga basah. Setelah itu, terbalikkan posisinya dan tepuk-tepuk agar bibit dapat keluar dari polybag tersebut.
  2. Apabila sudah keluar, jika ditemukan bibit yang memiliki cabang yang dirasa tidak digunakan lagi, sebaiknya cabang tersebut dapat dipotong. Tujuannya agar penguapan dapat berkurang.
  3. Pot yang telah disediakan kemudian masukkan pecahan genting pada bagian dasarnya.
  4. Dilanjutkan dengan memasukkan media tanam ke dalam pot tersebut sebagai bagian kedua.
  5. Bibit yang sudah dipisahkan dari polybagnya lalu dimasukkan ke dalam pot tepat ditengah-tengah pot tersebut.
  6. Lalu tutup dengan menggunakan media tanam.
  7. Tekan-tekan dengan menggunakan tangan agar perakarannya lebih kuat.
  8. Siram dengan menggunakan air bersih.
  9. Jika perlu, tambahkan pupuk dengan dosis sesuai pada kemasan pupuk tersebut.
  10. Apabila sudah disiram dan diberikan pupuk, pot yang berisi bibit jeruk nipis yang telah jadi kemudian diletakkan di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari. Tempat yang digunakan juga harus bebas dari hewan pengganggu agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Itulah tahap-tahap penanaman jeruk nipis. Selamat mencoba untuk membuat tanaman berbuah dalam pot (tabulampot) jeruk nipis.

Advertisements