Membuat Tanaman Tabulampot Cepat Berbuah Lebat

Diposting pada

Apakah Anda tahu apa itu tabulampot? Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu apa yang dimaksud dengan tabulampot. Tabulampot adalah singkatan untuk tanaman buah dalam pot. Tabulampot mulai dikenal dan berkembang menjadi sebuah bisnis pada tahun 1980-an. Pada saat itu, jumlah

Sampai saat ini, jumlah pebisnis tabulampot semakin bertambah. Hal ini dapat membuktikan bahwa tabulampot telah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Advertisements

Tidak hanya masyarakat di Indonesia, namun masyarakat di luar Indonesia pun juga mengenal apa itu tabulampot tentunya dengan bahasa mereka masing-masing.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa tanaman buah banyak ditanam di tanah secara langsung. Namun apa jadinya jika tanaman buah ditanam di dalam pot? Apakah tetap masih akan hidup? Ya tentu saja, tanaman buah yang ditanam di dalam pot dapat hidup walaupun penanamannya tidak dilakukan secara langsung di dalam tanah.

Karena itulah namanya disingkat menjadi tabulampot agar orang-orang mudah mengingatnya. Rasa buah yang ditanam di dalam pot tidak kalah lezatnya dengan buah yang ditanam di dalam tanah secara langsung. Setiap buah dapat ditanam di dalam pot.

Membuat Tanaman Tabulampot Cepat Berbuah Lebat

Kelebihan dalam Budidaya Tabulampot Di rumah

Membudidayakan buah di dalam pot memiliki berbagai keuntungn. Keuntungan yang pertama adalah harga jualnya yang tinggi. Tabulampot juga bisa digunakan sebagai hiasan.

Advertisements

Terlebih lagi jika itu adalah buah-buahan yang unik, penjualannya langsung dengan pohonnya. Hal tersebutlah yang membuat harga dari satu buah tabulampot dihargai sangat mahal.

Untuk satu buah tanaman buah dalam pot bisa dihargai hingga lima ratus ribu. Bahkan untuk buah yang berkualitas dan bentuknya yang unik akan dihargai hingga satu jutaan.

Untuk menghasilkan buah yang berkualitas, kuncinya hanya satu, yaitu dengan memelihara tabulampot dengan baik.

Contohnya seperti penyiraman yang harus dilakukan setiap harinya. Namun pada saat musim hujan, sebaiknya penyiraman tidak dilakukan setiap hari untuk menghindari kelebihan air.

Perawatan Harian tabulampot

Tidak hanya itu saja, perawatan lainnya yang harus dilakukan adalah pemangkasan cabang dan rating yang tidak produktif harus dilakukan.

Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk menghindari suplai nutrisi yang tidak dibutuhkan. Nutrisi akan menyebar keseluruh cabang dan rating walaupun ranting tersebut sudah tidak produktif lagi.

Jadi, jika suplai nutrisi tersebut dialirkan ke dalam cabang yang tidak produktif lagi, maka percuma saja nutrisi tersebut disalurkan ke dalam cabang yang tidak produktif lagi. Karena itulah perlu dilakukan pemangkasan pada cabang dan ranting yang sudah tidak produktif lagi.

Apabila Anda membeli tanaman yang sudah tumbuh tunas bahkan sudah menjadi kuat dan tua, sebaiknya langsung dipindahkan ke dalam pot atau drum atau wadah lainnya.Penanaman di dalam wadah harus menggunakan media tanam agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Agar tabulampot dapat tumbuh buah dengan cepat, berikan pupuk NPK yang mengandung posphat dengan dosis yang tinggi. Pupuk yang diberikan juga dapat berupa pupuk alami seperti pupuk kandang.

Advertisements