Membentuk Bunga Pada Bonsai Adenium Bakalan

Diposting pada

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman hias adenium bonsai, pastinya semua orang mengetahuinya. Apalagi bagi  para pencinta tanaman hias, tentunya tanaman hias adenium bonsai ini tidak ketinggalan untuk di jadikan koleksi tanaman kesayangannya.

Pada umumnya para kolektor tanaman hias adenium banyak melakukan pengkoleksian karena pada dasarnya jenis tanaman yang satu ini memiliki berbagai macam keunikan dan juga tentunya lebih memiliki keunggulan di bandingkan dengan jenis-jenis tanaman hias lainnya.

Advertisements

Alasan mereka mengoleksi tanaman hias adenium bonsai ini sebagai tanaman hias di karena tanaman ini memiliki keunikan yang tersendiri.

Selain dari akar tanaman yang berukuran lebih besar, tajuk yang banyak dan dapat di bentuk sesuai keinginan, ternyata tanaman ini juga mampu berbunga dengan sangat lebat.

Bunga yang di keluarkan pada tanaman hias adenium ini memiliki keindahan yang tersendiri, yaitu mampu membuat semua orang yang melihatnya menjadi kagum.

Membentuk Bunga Pada Bonsai Adenium Bakalan

Selain itu, tanaman hias adenium bonsai ini juga mampu mengeluarkan bunga-bunganya dengan warna yang berbeda-beda.

Membentuk Bunga Pada Bonsai Adenium Bakalan

Biasanya, bunga yang tumbuh lebat pada tanaman hias adenium bonsai tersebut dapat kita ciptakan sendiri dengan cara tertentu. Untuk melakukan pembentukan bunga tersebut biasanya kita cukup menggunakan jenis tanaman hias adenium yang memiliki cabang atau tajuk yang banyak.

Advertisements

Setelah itu, jika kita telah menemukan jenis tanaman hias adenium yang memiliki tajuk atau cabang yang lebih banyak, maka hal selanjutnya yang dapat di lakukan ialah memangkasa batang atau tajuk tersebut.

Pemangkasan ini biasanya harus di lakukan dengan rata, untuk pemangkasannya pun biasanya harus di mulai dari batang atau tajuk tanaman yang masih berusia sangat muda. Pemangkasan batang atau tajuk yang masih berusia muda tentunya akan membuat pertumbuhan bunga lebih baik lagi.

Usahakan dalam melakukan pemangkasan harus menggunakan jenis pisau atau alat-alat yang tajam alias tidak tumpul. Karena jika menggunakan alat-alat yang tumpul, tentunya akan dapat melukai tanaman hias adenium tersebut.

Setelah pemotongan atau pemangkasan selesai di lakukan, hal yang selanjutnya dapat di lakukan ialah memberikan kapur sirih pada bagian bekas pemotongan tadi. Pemberian kapur sirih ini bertujuan agar tanaman yang baru di potong tersebut tidak membusuk dengan cepat.

Jika pemberian kapur sirih telah di berikan secara merata, maka selanjutnya lakukan pelilitan pada batang atau pun tajuk tersebut.

Pelilitan dengan menggunakan kawat ini biasanya harus di lakukan dengan ketat, karena bila pelilitan semakin ketat di lakukan, maka semakin bagus pula hasilnya.

Setelah semua selesai di lakukan dengan baik dan sesuai dengan petunjut di atas, maka selanjutnya lakukan perawatan secara intensif pada tanaman tersebut.

Perawatan yang di lakukan untuk jenis tanaman yang satu ini hampir sama seperti perawatan tanaman pada umumnya, yaitu melakukan penyiraman, pemupukan dengan pupuk organik dan juga melakukan penyiangan pada tanaman tersebut.

Advertisements