Membentuk Akar Bonsai Adenium Supaya Unik

Diposting pada

Pada saat ini tanaman bonsai adenium telah banyak di budi dayakan dan juga telah banyak di jadikan sebagai hiasan di sekitar pekarangan rumah dan tempat-tempat wisata lainnya.

Salah satu yang dapat menyebabkan tanamanĀ  adenium bonsai ini lebih menarik ialah akar dan batang nya dapat di bentuk sesuai dengan keinginan kita.

Advertisements

Salah satu bentuk adenium bonsai yang paling terpopuler ialah bonsai dengan akar seperti kuku macan. Untuk membuat tanaman hias bonsai adenium menjadi sebuah bonsai dengan akar seperti kuku macan ini tidak lah mudah, harus ada kemampuan tertentu untuk melakukan pembentukannya.

Karena jika salah dalam hal melakukan pembentukan akar bonsai ini, maka tentunya akan mengurangi keindahan dari tanaman hias tersebut.

Membentuk Akar Bonsai Adenium Supaya Unik

Membentuk Akar Bonsai Adenium Supaya Unik

Untuk melakukan pembuatannya, kita dapat langsung memperhatikan langkah-langkah yang ada di bawah ini :

Advertisements
  • Hal yang paling utama ialah mempersiapkan bakalan tanaman adenium yang sehat tanpa adanya serangan hama atau pun penyakit. Usahakan pilih jenis bakalan bonsai yang memiliki akar tanam yang lebih banyak. Akarena akar yang menjalar lebih banyak tentunya akan mempermudah untuk proses pembentukan nantinya.
  • Selanjutnya bersihkan bakalan bonsai yang telah di sediakan tadi. Kemudian sediakan alat-alat dan bahan-bahan yang akan di gunakan untuk memotong akar tersebut. Usahakan bahan-bahan dan alat-alat yang di gunakan untuk proses pemotongan tetap dalam keadaan yang steril dan terjamin.
  • Sebelum proses pemotongan di mulai, ada baiknya jika kita memoleskan kapur sirih pada batang atau akar tanaman yang akan di potong. Pemolesan ini sangat berguna agar batang atau akar tanaman yang di potong tidak menimbulkan bekas atau luka yang akan membuat tanaman tersebut terlihat tidak menarik lagi.
  • Setelah pemotongan selesai di lakukan dengan menggunakan pisau yang tajam, maka selanjutnya keringkan tanaman tersebut hingga semua getah-getahnya mengering dengan sempurna selama kurang lebih 3-6 hari.
  • Jika tanaman telah di keringkan dengan cara yang benar, maka hal yang selanjutnya dapa di lakukan ialah melakukan penanaman kembali pada bakalan bonsai yang telah di potong tadi. Penanaman ini biasanya dapat di lakukan di dalam pot atau di luar pot, tergantung dengan keinginan masing-masing.
  • Biasanya pot yang di gunakan tersebut berasal dari pot semen, atau pun pot pelastik. Usahakan pot yang di gunakan ini memiliki ukuran yang lebih besar di bandingkan jenis tanaman yang akan di tanam tersebut.
  • Tujuannya agar akar yang baru di tanam tersebut dapat berkembang dengan lebih luas lagi, sehingga proses pembentukan tidak akan terlihat sia-sia begitu saja.

Biasanya untuk jenis pembentukan ini dapat kita lihat langsung hasilnya setelah 2 bulan di lakukannya penanaman.

Biasanya keberhasilan dari proses penanaman dapat di tentukan dengan bentuk tanaman yang terlihat lebih besar dan lebih terlihat sangat menarik untuk di lihat.

Advertisements