Keuntungan Jika Budidaya Ikan Nila Berikut Kelebihanya

Diposting pada

Berbicara mengenai ikan nila, siapa yang tidak mengenal ikan nila. Semua orang terutama ibu rumah tangga pasti tahu yang namanya ikan nila. Ikan yang satu ini dikenal sebagai ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi bagi sebagian orang.

Hanya orang yang punya pemikiran yang tinggi sajalah yang bisa memanfaatkan ikan nila untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Maka tak heran banyak orang yang ingin membudidayakan ikan nila karena mengingat banyaknya keuntungan yang diperoleh dari membudidayakan ikan nila ini.

Advertisements

Saat ini, pasar masih membuka lebar orang yang ingin menjual ikan nila hasil budidayanya. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa budidaya ikan nila akan mendatangkan keuntungan yang banyak.

Dan beberapa keuntungan yang akan didapatkan saat membudidayakan ikan nila air tawar adalah sebagai berikut.

  1. Tahan terhadap penyakit dan hama.
  2. Dapat beradaptasi dengan cepat di lingkungan barunya.
  3. Memiliki kemampuan tumbuh yang baik.
  4. Mudah tumbuh dalam sisteme budidaya intensif sekali pun.

Itulah beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan apabila kita membudidayakan ikan nila air tawar.

Keuntungan Jika Budidaya Ikan Nila Berikut Kelebihanya

Keuntungan Jika Budidaya Ikan Nila

Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang turut mengembangkan produksi ikan nila? Ya, Indonesia memang merupakan salah satu negara di Asia yang turut mengembangkan produksi ikan nila.

Menurut pemerintah Indonesia, ikan nila sangat patut untuk dikembangkan karena potensi keuntungannya sangat besar sehingga dapat mensejahterakan bagi siapa saja yang membudidayakan ikan nila tersebut.

Namun begitu, hal ini belum direspon baik oleh masyarakat Indonesia karena dinilai masih banyak pekerjaan lainnya. Padahal jika budidaya yang dilakukan ini berjalan dengan sukses, maka hasilnya juga akan sangat memuaskan. Sayangnya belum banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang hal ini.

Bahkan pasar domestik maupun pasar luar pun masih sangat membuka lebar kesempatan bagi siapa saja yang ingin membudidayakan ikan nila dikarenakan jumlah ikan nila di pasaran belum bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Harga jual ikan nila di pasaran sangatlah menggiurkan. Untuk satu kg ikan konsumsi saja bisa dihargai hingga Rp. 14.000,00.

Walaupun masih ada ikan lainnya yang dijual lebih dari harga tersebut, namun yang terpenting keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar. Terlebih lagi jika nila yang dijual adalah nila yang berkualitas.

Belum lagi pasar luar negeri yang harganya mungkin jauh lebih tinggi dibandingkan pasar dalam negeri. Pasar ekspor yang masih terbuka lebar peluangnya adalah Amerika Serikat.

Tak dipungkiri bahwa permintaan ikan nila di Amerika Serikat dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini mungkin bisa dijadikan sebagai keuntungan bagi siapa saja yang ingin mengekspor hasil budidayanya ke pasar Internasional.

Advertisements

Bagaimana, apakah Anda berminat untuk segera membudidayakan ikan nila? Jika benar, sebaiknya Anda lebih memperdalam pengetahuan Anda tentang bagaimana caranya membudidayakan ikan nila.

Beberapa jenis Nila Unggul Cocok Untuk Budidaya

Membudidayakan ikan nila merupakan hal yang tidak asing lagi dikalangan para pembudidaya ikan air tawar. Sejak dahulu, banyak orang yang sudah tertarik untuk membudidayakan ikan nila karena dianggap mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Maka tak heran jika dari tahun ke tahun jumlah orang yang membudidayakan ikan nila semakin bertambah. Ikan nila merupakan ikan air tawar yang dikenal memiliki begitu banyak jenisnya.

Dan salah satu jenis ikan nila yang terkenal dari dulu hingga sekarang dan juga banyak dibudidayakan adalah jenis ikan nila GIFT. Jenis ikan nila GIFT ini dikenal dari tahun 1993 hingga sampai saat ini pun masih dikenal sebagai salah satu jenis ikan nila yang paling banyak dibudidayakan.

Namun, sebenarnya puncak kepopuleran ikan nila GIFT ini berlangsung dari tahun 1993-1997. Apakah Anda termasuk pembudidaya ikan gurami yang sudah terjun dari tahun 1993? Jika benar, mungkin Anda masih ingat dengan ikan nila GIFT ini karena dikenal sebagai ikan yang pertumbuhannya sagat pesat.

Dahulu, untuk mencapai ukuran 600 gram, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 4 bulanan. Namun sekarang, untuk mencapai ukuran tersebut dibutuhkan waktu yang sangat lama atau sekitar 7 bulan. Semakin lama pertumbuhan ikan nila GIFT ini memang semakin merosot.

Apakah penyebabnya? Penyebabnya adalah karena kurangnya ketelitian di dalam merawat ikan nila jenis ini serta kualitas yang tidak dipertahankan sehingga pertumbuhannya dari tahun ke tahun semakin merosot.

Akan tetapi, akhir-akhir ini para peneliti ikan air tawar meneliti bagaimana caranya meningkatkan kembali kualitas ikan nila jenis ikan melalui beberapa rangkaian penelitian. Akhirnya didapatkanlah beberapa jenis ikan nila hasil silangan yang kualitasnya diatas ikan nila GIFT.

Apa-apa saja jenis ikan nila tersebut? Jenis ikan nila tersebut diantaranya.

  • Nila Gesit

Nila Gesit merupakan nila hasil silangan yang baru saja diperkenalkan di dunia budidaya ikan nila. Walaupun baru diperkenalkan, namun orang yang berminat untuk membudidayakan ikan nila Gesit ini semakin lama semakin bertambah banyak.

Bahkan hampir diseluruh pelosok Indonesia telah tersebar ikan nila Gesit dan mulai dibudidayakan. Hal ini sudah cukup menjadi bukti bahwa ikan nila Gesit merupakan salah satu jenis ikan yang paling berkualitas diantara begitu banyak ikan nila jenis lainnya.

Pertumbuhan nila Gesit sangatlah cepat. Untuk mencapai ukuran konsumsi hanya dibutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan saja.

  • Nila Merah

Nila merah merupakan nila hasil silangan antara nila Best dan nila hitam Gesit. Ikan nila merah ini merupakan ikan nila hasil perbaikan genetik. Kelebihan dari nila merah adalah kualitasnya sangat bagus dibandingkan dengan ikan nila GIFT.

  • Nila Best

Kelebihan yang dimiliki oleh nila Best adalah kemampuan toleransi terhadap salinitas yang baik dibandingkan dengan jenis ikan nila lainnya. Bahkan pertumbuhannya dua kali lebih cepat dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Advertisements