Keunggulan Bibit Sambung Untuk Tanaman Tabulampot

Diposting pada

Tabulampot merupakan sebuah cara untuk melakukan penanaman tanaman buah dengan menggunakan pot. Untuk melakukan penanaman tanaman buah di dalam pot ini, pastinya harus selalu sabar, karena untuk melewati masa penanaman untuk tanaman yang satu ini tidak semudah yang di bayangkan.

Jenis tanaman tabulampot ini biasanya banyak di budi dayakan di sekitar pekarangan rumah, gunanya untuk menambah daya tarik seseorang untuk ikut membudi dayakan tanaman tabulampot tersebut.

Advertisements

Untuk membuat tanaman tabulampot dapat berbuah dengan cepat, biasanya para petani dapat melakukan berbagai macam cara. Mulai dari melakukan penyambungan, okulasi atau pun penyusunan.

Berbagai macam cara tersebut harus di lakukan dengan baik dan benar, agar tanaman dapat berbuah dalam jangka waktu yang sangat cepat. Tetapi pembuahan dengan cara yang cepat tersebut, bukan hanya dapat di peroleh dengan cara tersebut.

Keunggulan Bibit Sambung Untuk Tanaman Tabulampot

Melainkan dapat di peroleh dengan cara mengetahui asal dari bibit tanaman tersebut. Bibit tanaman yang berasal dari indukannya, tentunya akan cepat berbuah di banding dengan bibit yang di dapatkan dengan cara yang lainnya.

Jenis Bibit Generatif Biji

Untuk mendapatkan bibit dengan cara generative tersebut, biasanya akan semakin memperlambat proses pembuahan. Karena seperti yang telah kita ketahui, bahwa cara generative tersebut menggunakan bibit berupa biji dari tanaman sebelumnya.

Advertisements

Bukan hanya masa pembuahannya yang cukup lama, untuk pembungaannya pun juga terbilang cukup lama, karena biji-biji tersebut harus melewati masa-masa dormasi biji dan perkecambahan.

Sehingga untuk melakukan pembungaan serta pembuahannya pun sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk tanaman tabulampot yang ingin berbuah dengan cepat, biasanya peroses penyambungan menjadi cara yang efektif untuk di lakukan oleh para petani tabulampot.

Untuk melakukan penyambungan ini biasanya para petani dapat langsung memilih batang bawah dari tanaman yang akan di sambung tersebut.

Batang bawah yang di pilih sebaiknya batang yang memiliki diameter batang yang sama dengan diameter batang atas. Jika batang-batang tersebut memiliki diameter yang sama, maka penyambungan baru dapat di lakukan dengan baik.

Hal yang harus Di perhatikan Sebelum sambung Batang bibit

Jika batang atas dan bawah memiliki diameter yang berbeda, maka proses penanaman pun akan sulit untuk di lakukan.

Tetapi tidak semua jenis tanaman tabulampot yang dapat di lakukan penyambungan. Hanya tanaman tabulampot yang memasuki usia 27 bulan saja yang dapat di sambung dengan batang tanaman lainnya.

Sebelum proses penyambungan berlangsung, pastikan bahwa batang yang akan kita gunakan untuk penyambungan dalam keadaan yang sehat dan tidak terkena serangan hama dan penyakit.

Jika jenis batang yang di gunakan tersebut terserang penyakit dan hama, maka proses penanaman pun akan terganggu, tanaman tabulampot asli juga akan dapat tertular penyakit dari batang yang tersambungĀ  tadi.

Jika penyambungan telah selesai di lakukan dengan cara yang benar, maka tanaman sambungan dapat langsung di tempatkan di bawah naungan agar terlindung dari panasnya

Advertisements