Jenis Tanaman Hias Pachypoium Dan Asal-Usulnya

Diposting pada

Pachypoium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dikenal dengan keeksotisannya. Tanaman hias pachypodium ini berasal dari Afrika Selatan dan Madagaskar. Setiap pachypodium yang berasal dari Afrika Selatan dan Madagaskar memiliki ciri khas yang berbeda-beda antara satu sama lain.

Namun secara umum, pachypodium memiliki ciri khas yaitu pada bagian batangnya ditutupi dengan duri seperti layaknya tanaman kaktus.

Advertisements

Selain itu, ciri khas lainnya yang dimiliki oleh pachypodium adalah daunnya selalu muncul pada bagian ujung batangnya.

Jenis Tanaman Hias Pachypoium Yang beredar Di Indonesia

Saat ini, sudah banyak jenis pachypodium yang dijual di pasaran. Jenis-jenis pachypodium tersebut ada yang merupakan jenis pachypodium dari Afrika Selatan dan ada pula yang merupakan jenis pachypodium asal Madagaskar.

Jenis Tanaman Hias Pachypoium Dan Asal-Usulnya

Namun, ternyata tidak hanya jenis pachypodium asal Afrika dan Madagaska saja yang dijual di pasaran.

Namun, jenis pachypodium lainnya seperti pachypodium yang telah dikawinsilangkan juga ada terjual di pasaran.

Semakin canggihnya teknologi, maka semakin banyak pula orang yang berlomba-lomba untuk mencoba mengawinsilangkan pachypodium. Apa tujuan dari mengawinsilangkan tanaman hias pachypodium ini?

Tujuannya adalah supaya mendapatkan varietas hibrida yang baru yang tentunya diharapkan memiliki keunggulan yang lebih banyak dari kelemahannya. Akan tetapi, tidak semua orang yang mencoba mengawinsilangkan pachypodium berhasil melakukan hal tersebut.

Advertisements

Hal ini terbukti karena sampai saat ini hanya sedikit jumlah pachypodium hibrida (sebutan untuk pachypodium yang sudah dikawinsilangkan). Bahkan jumlahnya masih terhitung jari. Lantas, apa-apa saja jenis pachypodium hasil silangan? Jenis-jenis phacypodim hibrida adalah sebagai berikut.

  1. Phacypodium namawuanum aridland yang merupakan hasil silangan dari indukan Phacypoium namaquanum x dengan Phacypodium succulentum.
  2. Phacypodium densiflorum x.
  3. Phacypodium brevicalue.
  4. Phacypodium densifolurum x.

Itulah beberapa jenis phacypodium hibrida.

PHACYPODIUM MUTASI

Selain phacypodium hasil silangan, ternyata jenis phacypodium lainnya seperti pachypoium mutasi juga ada. Phacypodium mutasi merupakan phacypodium yang mengalami perubahan atau mutasi terlihat lebih bagus daripada jenis pachypodium yang aslinya.

Karena lebih bagus dari pachypodium yang normal, membuatnya lebih banyak digemari daripada jenis yang asli atau yang normal.

Mengapa pachypodium mutasi ini dapat mucnul? Munculnya mpachypodium mutasi ini dikarenakan faktor genetik. Atau bisa juga disebabkan oleh faktor dari luar. Apa-apa saja jenis pachypodium hasil mutasi ini? Salah satu jenis pachypodium mutasi adalah pachypodium kristata.

Dari sekian banyak jenis phacypodium mutasi, jenis pachypodium kristata ini lah yang paling terkenal. Hal yang berubah di dalam bentuk pachypodium kristata adalah batangnya. Batangnya mengalami penyimpangan. Bentuk batang yang semula lurus tetapi menjadi berliuk-liuk.

Bentuknya yang berliuk-liuk ini sangat digemari oleh sebagian besar pecinta tanaman hias. Sehingga, pachypodium kristata hasil mutasi ini lah yang banyak dikenal daripada pachypodium kristata normal.

Akan tetapi, jenis pachypodium mutasi saat ini jumlahnya sangat terbatas dan dapat dikategorikan langka.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari beribu-ribu biji yang ditanam tetapi yang akan mengalami mutasi hanya satu biji. Karena itulah keberadaannya semakin langka.

Advertisements