Gabungan Tanaman Hias Pot Scape Luar Rumah

Diposting pada

Tanaman hias saat ini tidak hanya diletakkan di luar ruangan saja tetapi sudah diletakkan di dalam ruangan. Namun dengan syarat tanaman tersebut cocok diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan tentunya harus memiliki tampilan yang sangat bagus. Jika tanaman hias hanya ditanam di satu pot saja dan tidak ada kreasi sama sekali tidak akan menambahkan kesan yang lebih di dalam ruangan tersebut.

Advertisements

Untuk membuat suatu tanaman hias menjadi tanaman yang lebih bagus lagi, biasanya para penghobis membuat pot scape. Pot scape biasanya diletakkan di taman-taman yang digunakan sebagai hiasan.

Tidak hanya di taman saja, tetapi di dalam ruangan juga bisa diletakkan pot scape. Untuk membuat pot scape tidaklah mudah. Dibutuhkan keterampilan dan kreatifitas agar tampilan pot scape dapat terlihat indah.

Gabungan Tanaman Hias Pot Scape Luar Rumah

Menata Tanaman Hias Pot Scape Luar Rumah

Agar tampilan pot scape terlihat lebih bagus lagi, biasanya para penghobis menggabungkan beberapa jenis tanaman di dalam satu wadah.

Wadah yang digunakan pun bervariasi agar tidak terkesan monoton. Alhasil, pot scape yang dihasilkan pun berhasil menarik orang-orang yang melihatnya.

Bagaimanakah cara pembuatan pot scape agar tampilannya tidak seperti tanaman hias pada umumnya? Tahap-tahap pembuatan pot scape adalah sebagai berikut.

Advertisements

Perpaduan selaginela, keledai hias, dan driminopis

Di dalam satu wadah bisa diletakkan tiga jenis tanaman hias. Agar tampilannya menarik, perhatikan penyusunannya. Cara menyusun antara selaginela, keledai hias, dan driminopis adalah sebagai berikut.

  1. Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan seperti pot plastik, pot rotan, dan ketiga tanaman selaginela, keledai hias, dan driminopis.
  2. Ukuran pot plastik dengan pot rotan perlu disesuaikan. Apabila pot plastik tingginya berlebihan dapat dipotong dengan menggunakan gergaji agar lebih mudah.
  3. Tutup bagian dasar pot dengan menggunakan genting.
  4. Masukkan media tanam hingga 5 cm dari bibir pot.
  5. Susun batu alam hingga terlihat indah. Batu alam dapat disusun dengan bentuk segitiga, segiempat, atau zig-zag (sesuai dengan selera).
  6. Setelah mengatur batu alam, atur pula tata letak tanaman. Untuk selaginela diletakkan di bagian belakang karena sosoknya yang tinggi. Sedangkan keledai hias dan driminopsis diletakkan di sisi kiri dan kanannya.
  7. Apabila telah selesai ditata, selanjutnya tanaman dapat disiram.
  8. Agar penampilan dari tanaman hias ini lebih indah lagi, letakkan tanaman yang telah ditanam di dalam pot ke dalam pot rotan.
  9. Letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.

Itulah tahap-tahap pembuatan pot scape untuk perpaduan antara selaginela, keladi hias, dan driminopsis.

Agar bentuk pot scape tidak berubah dan tanaman tidak layu, sebaiknya tanaman dirawat setiap harinya walaupun sudah dibentuk menjadi pot scape.

Perawatan tanaman juga sama seperti biasanya yaitu dilakukan penyiraman, pemupukan, dan beberapa perawatan lainnya yang pada umumnya dilakukan ketika merawat tanaman hias.

Advertisements