8 Jenis Pakan Belut Alami Terbaik Untuk Budidaya

Diposting pada

Makanan merupakan hal yang paling penting yang harus dipenuhi oleh makhluk hidup. Baik itu tumbuh-tumbuhan, hewan, dan pastinya manusia juga memerlukan makanan. Dan pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas tentang makanan pada salah satu jenis hewan.

Dan hewan yang akan kita bahas adalah belut. Belut merupakan salah satu jenis hewan yang sangat membutuhkan makanan. Jika tidak diberikan makanan, belut akan memakan sesama belut lainnya atau yang biasa disebut dengan kanibalisme.

Advertisements

Tahukah Anda bahwa pakan meurpakan salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya belut? Ya, pakan merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting di dalam keberhasilan produksi. Persentasenya bisa mencapai 40%. Hal ini dapat membuktikan bahwa makanan merupakan hal yang paling penting.

Pakan yang diberikan pada belut dapat berupa pakan alami dan ada pula pakan buatan. Pakan alami merupakan jenis pakan yang diambil langsung di alam liar.

8 Jenis Pakan Belut Alami Terbaik Untuk Budidaya

Pakan Belut Alami Terbaik Untuk Budidaya

Contoh pakan alami yang dapat diberikan pada belut seperti anak kodok, siput, bangkai ayam, ikan kecil-kecil, cacing tanah, dan pakan alami lainnya.

Ingatlah, pakan alami yang diberikan tidak semuanya berasal dari hewan yang masih hidup namun juga berasal dari hewan hidup.

Advertisements

Sedangkan pakan buatan adalah pakan yang berasal dari buatan manusia seperti pakan yang berasal dari pabrik. Selain itu, jenis pakan buatan lainnya seperti pakan yang terbuat dari bahan nabati dan bahan hewani.

Dan berikut ini kita akan membahas tentang beberapa jenis pakan alami. Dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Keong Mas

Keong mas sangat mudah dicari terutama di daerah persawahan. Keong mas mengandung protein yang tinggi dan kandungan air yang tidak terlalu tinggi. Keong mas termasuk salah satu jenis pakan yang baik untuk belut.

Jika Anda tidak tinggal di pedesaan, Anda bisa membelinya di pasaran karena ada sebagian pasar yang menjual keong mas dengan harga yang relatif rendah.

  • Bekicot

Selain keong mas, bekicot juga dapat diberikan pada belut. Bekicot mudah diapatkan dan juga harganya murah. Biasanya para pembudidaya memberikan bekicot dengan cara diolah terlebih dahulu. Contoh olahan yang terbuat dari bekicot adalah tepung bekicot.

Bekicot sagat kaya akan protein sehingga baik untuk belut. Pemberian bekicot ini juga dapat dilakukan dengan cara memisahkan antara daging bekicot dengan cangkang bekicot.

  • Kepiting Air Tawar

Selain dikenal sebagai salah satu jenis pakan alami, yang banyak diberikan pada belut, ternyata kepiting air tawar juga memiliki keunggulan.

Salah satu keunggulannya adalah dapat menambah nafsu makan belut karena kepiting air tawar mengandung zat yang dapat merangsang nafsu makan bagi belut. Aroma khasnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi belut.

  • Ikan-Ikan Kecil

Ikan-ikan kecil ini diberikan pada belut dalam bentuk segar. Tak jarang juga ikan kecil ditemukan di dalam kolam budidaya belut.

Advertisements