3 Jenis Nila Unggul Cocok Untuk Budidaya

Diposting pada

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk dibudidayakan. Pasar domestik maupun internasional masih mencari siapa saja yang ingin menjual hasi budidayanya dengan harga yang tidak murah.

Bahkan permintaan konsumen tidak bisa dipenuhi karena pembudidaya yang menjual ikan nila masih kurang banyak. Untuk mengatasi hal ini, perbanyaklah jumlah ikan nila yang dibudidayakan atau mengajak orang yang ingin membudidayakan ikan nila.

Advertisements

Ikan nila yang dibudidayakan tidak hanya satu jenis tetapi ada begitu banyak jenisnya. Untuk membahas lebih lanjut jenis ikan nila apa sajakah yang sering dibudidayakan? Dan beberapa jenis ikan nila yang sering dibudidayakan diantaranya.

3 Jenis Nila Unggul Cocok Untuk Budidaya

  • Nila Merah Silangan

Sesuai dengan namanya, ikan nila merah silangan ini merupakan salah satu jenis ikan nila silangan. Ikan nila merah merupakan hasil persilangan antara jenis ikan nila  Albino dengan jenis ikan nila hitam atau putih.

Dahulu, ada yang namanya jenis ikan nila merah. Jenis ikan nila merah ini sangat dikenal karena pertumbuhannya yang pesat. Dan tak tanggung-tanggung, nila merah tersebut merupakan nia yang didatangkan dari Filipina ke Indonesia.

Advertisements

Akan tetapi, nasib dari ikan nila merah ini mungkin sama seperti ikan jenis lainnya yang semakin lama semakin menurun kualitasnya dan akhirnya tidak digunakan lagi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kualitas ikan nila semakin lama semakin menurun. Dan beberapa faktor tersebut diantaranya sebagia berikut.

  1. Terjadinya kawin antar kerabat.
  2. Tidak bagus dijadikan sebagai induk sehingga jika dijadikan induk akan menghasilkan anakan yang tidak berkualitas.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kualitas ikan nila semakin menurun.

Namun akhirnya kini para peneliti meneliti tentang bagaimana caranya mendapatkan nila merah dengan kualitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan nila merah terdahulu.

Dan akhirnya didapatkanlah nila merah hasil silangan antara nila yang memiliki gen berwarna merah an nila putih. Hasil dari penyilangan ini disebut dengan nila albino.

  • Nila Best

Nila best hanya bisa didapatkan dari hasil program seleksi famili. Program ini hanya bisa dilakukan oleh seorang pemulia saja karena tidak mudah untuk menghasilkan nila best ini.

Jenis ikan nila best dianggap sebagai penerus ikan nila yang berkualitas dan unggulan karena didapatkan dari hasil pemuliaan.

  • Nila Gesit

Dan jenis nila yang terakhir adalah jenis nila gesit. Jenis nila gesit telah ada diseluruh pelosok nusantara dan juga telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Ikan ila gesit juga termasuk jenis ikan yang sengaja dibuat untuk memperbaiki genetik strain ikan nila GIFT.

Untuk mencegah adanya perkawinan silang dalam atau perkawinan antar kerabat, sebaiknya betina unggul dikawinkan dengan strain unggul lainnya. Dengan cara seperti itu, perkawinan silang dalam tidak akan terjadi.

Advertisements